Sewing Machine Foot a.k.a sepatu mesin jahit

Menyambung Review saya sebelumnya tentang kelas onlinenya Craftsy, saya mau cerita tentang sepatu mesin jahit saya. sebenernya baru punya sedikit sih, yang lainnya itu bawaan langsung dari Janome saya.

Penting gak sih? punya macam-macam jenis sepatu, menurut saya butuh gak butuh ya, karena setiap orang kan beda tujuan dalam menjahit, kalo menurut saya pribadi. selagi ada dana lebih, kenapa gak coba kumpulin macam-macam jenis sepatu, selain bisa buat koleksi, hehehe. juga bisa dikumpulin dan dipraktekin masing-masing kegunaannya.

Cari sepatu mesin jahit ini gampang gak sih? menurut saya sih, gampang kok, banyak toko online yang jual, kalo mw paket ekonomis, juga ada, dengan harga 300rban bisa dapet paket komplit. nah sekarang saya mau coba menerangkan, apa sih masing-masing kegunaan dari sepatu mesin jahit ini

kita urut sesuai gambar ya

1. Ruffler foot, kalo dari namanya, sepatu ini buat bikin ruffle atau bisa juga bikin pleat. disesuaikan saja ukurannya, pengalaman saya pake ini, asyik banget, setingannya juga mudah. mau ringkas dan cepet bikin ruffle sepatu ini, MUST have banget lah.

2. Kalo yang ini namanya automatic Buttonhole foot, sepatu otomatis bikin lobang kancing, sepatu bawaan dari Janome saya, kalo mau ringkas bikin lobang kancing, pake sepatu ini saja.

3. Quilting guide, bawaan dari Janome saya, buat memberi jarak yang sama kalo mw jahit quilting.

4. Nah yang ini namanya 1/4 " Seam foot, alias sepatu 1/4 inchi , gunanya kalo mau jahit 1/4 " cukup pake sepatu ini. biasanya saya pake buat jahit quilting.

5. Overedge foot, ini sepatu semi obras, saya jarang pake sepatu ini, karena kualitas obrasnya gak terlalu bagus, jadi cukup jadi cadangan saja, kalo saya lagi males pake serger. :D

6. Roll/Hemming foot 2mm, nah ini sepatu favorit saya, buat jahit pinggiran kerudung, agak susah digunakan apalagi buat pemula seperti saya, tapi saya bilang MUST HAVE deh.

7. Darning foot, sepatu ini saya gunakan buat free motion embroidery, tapi saya belum menemukan takaran yang pas, bagaimana setingannya biar bisa sebagus, dan senatural free motion, sepatu ini juga bisa buat mengambar bebas.

8. Zipper foot, Terakhir kali saya jahit zipper, pake sepatu universal biasa, hasilnya juga ok, nah next time, saya akan coba pake sepatu ini.

9. Buttonhole foot, sepatu ini, buat jahit kancing, yang ada empat bolongan itu, saya belum pernah pake sih, next time mau saya pake sih.

10. Seperti ini sama fungsinya seperti no. 6, cuma bedanya ini menggulung 4mm.

11. Blind hemming foot, sepatu ini gunanya buat jahit som, biasanya digunakan untuk jahit pinggir rok, nah buat yang males jahit som tangan, bisa pake sepatu ini, saya pribadi, jarang pake sepatu ini, karena biasanya saya serger pinggirannya, dan jahit sendiri pake tangan.

12. Straight foot/ universal foot, sepatu ini buat jahit, segala macam, bisa buat zig zag, bordir dan macam2 tinggal diganti setelan mesinnya aja, sepatu ini sepatu yang MUST HAVE ada. jadi pasti akan selalu saya gunakan.

Nah sepatu mana yang paling penting? menurut saya, tergantung kebutuhan kita masing, kalo danannya terbatas, sepatu bawaan mesin jahit, sudah cukup mewakili, segala macam keperluan kita. kalau ada dana lebih, ya silahkan lengkapi berbagai macam sepatu yang anda idamkan.

Ngomong-ngomong, saya masih punya wish list sepatu yang jadi inceran. kali-kali ada yang akan sukarela memberikannya Free kepada saya, hehehe.

wist list

1. Concealed Zipper foot

2. Binder foot

3. Piping foot

4. Gathering foot

5. Roller foot

6. Applique foot

7. Beading foot

8. Adjustable bias binder foot

9. Vertikal stitching aligment foot

nah kalo untuk kegunaan masing-masing sepatu ini, silahkan di gooling ya. ^^

Kalo mau ikutan kelasnya online, tentang Sewing Machine Foot, silahkan dicek di Craftsy langsung ya.

New Collection Sewing Foot !!!

7 comments:

  1. hai mbakkkk, makasih dan dijelasin beberapa jenis sepati, kalau berkenan, tolong diajari penggunaannya dong. pake gambar kalo bisa. hihih, sejauh ini cuman bisa pake yg roll, zipper sama biasa. jadi bingung ni sepatu mau diaapain.

    -elaine-

    ReplyDelete
  2. Dear Elaine, next time ya, aku upload, mau jenis sepatu apa? by request aja ya. thanks udah mampir. ^^

    ReplyDelete
  3. beli ruffler foot dimana mbak? harganya sekalian dong

    ReplyDelete
  4. Halo Lilix, aku belinya di Aneka Mesin Jahit, tapi kalo kamu mau beli online bisa cek di http://tokoalatjahit.com/sepatumesinjahit

    ReplyDelete
  5. Hai mba..itu yg no 3 dari kiri atas sepatu apa? Semuanya beli di amj? Aku lagi cari bias foot, berapa ya mba harganya?..ko Toni mau kirim ke Medan ga ya?

    ReplyDelete
  6. itu sepatu buat karet biar gampang. gak aku beli dari china say. bias foot, cb cek di AMJ langsung deh, mau kok ko toni kirim ke medan.

    ReplyDelete