About Sewing machine needles

Mau share tentang jarum mesin jahit, jadi ceritanya, kemarin waktu bikin hijab, kan pake renda manik2, nah pake jarum jahit ada kali selusin, baru bisa jahit rendanya, secara patah terus, hehehe. ternyata sedia jarum jahit berbagai ukuran tuh penting banget. nah sekarang saya coba menerangkan, berbagai ukuran jarum mesin jahit yang saya punya :

1. Butterfly No. 13

2. 555 No. 11/80

3. 555 No. 75/11

4. Singer 70/09

5. Organ 75/11

6. Organ 80/12 (Jarum khusus Serger/Mesin obras saya)

apa aja sih perbedaan semua no diatas. saya coba menjelaskannya semampunyanya, sebatas yang saya tahu loh, kalo mau diupdate/dilengkapi, silahkan.

Very Light : Chiffon, Geogette, Fine Lace, Organdy, Net, Tile, Bisa pake 70/09

Light : Crepe de chine, Gingham, Wool crepe, Tafetta, Satin, crepe, single knits, Jersey, Tricot, Leather, Suede, 75/11

Medium : Flannel, Velvet, Muslin, Corduray, Linen, Felt, Quilted Fabric, vinyl, suede 14/90

Heavy : Denim, Fake fur, 16/100

Very Heavy : Canvas, 16/100

Jujur saja, saya belum pernah nemu jarum 16/100, atau saya yang gak ngeh, buat saya sendiri, jarum yang MUST have itu, cuma nomer 75/11, karena jarum ini universal needles, jadi semua kebutuhan bisa terpenuhi, tapi kalo mau jahit renda manik, kayakna mesti pake nomer 11/80 atau diatasnya, kalo gak saya bisa menghabiskan 1 lusin jarum sendiri

kalau ditanya, merk jarum favorit saya apa? saya akan jawab, buat saya 555 sudah cukup, cukup ekonomis, effisien, dan mudah untuk mencarinya dipasar. tapi kalo punya dana lebih bisa pilih organ, atau merk lainnya seperti Schmetz.

No comments:

Post a Comment